Rusuk Kubus = 12 6

Back to basic, habis mid semester (hasilnya blom tau.. huhuhu) sekolah lagi (gak pake libur seharipun, BETE!!), ketemu dengan teman yang biasa, pelajaran yang biasa, suasana yang biasa.

 


Lalu, ada apa dengan rusuk kubus?

Nah, nah, hari ini (Jum’at,5/10) ada ulangan Matematika. Tentang.. Luas Permukaan bangun Kubus, Balok, dkk. Emang gampang sih gampang. Soal demi soal dijawab, tapi…… ada 1 soal (dan itu juga soal no.1) yang salah aku kerjain:

Jumlah panjang rusuk sebuah kubus 720 cm. Hitunglah luas permukaan kubus itu!

Nah, untuk jawab luas permukaannya ‘kan harus cari panjang satu rusuk.

Berarti:

Panjang 1 buah rusuk = Jumlah panjang seluruh rusuk : jumlah rusuk

Seharusnya, 1 kubus itu punya 12 rusuk. Dengan polosnya, dan dengan begonya, aku nulis:

Panjang 1 buah rusuk = Jumlah panjang seluruh rusuk : jumlah rusuk

                                              = 720 cm : 6

                                              = 120 cm

Baru dihitung luas permukaan (Lsp.= 6 x r x r). Beres, gak ada masalah..

Dan.. saat itu aku gak nyadar sama sekali.. sampai ulangan dikumpulkan…

M: Woi, tadi yang nomer empat jawabnya berapa?

Aku: Hm.. 4 akar 41, tapi gak tau bener pa kaga 😕

M: Ho.. gitu..

Aku: Eh, eh, yang no.1 tu berapa? 80.400 bukan?

M: *ngakak* Bujuu!! Banyak amatt!! Gw aja gak segitu!!

Aku: …dibagi enam (6) ‘kan jumlah panjang rusuknya..?

D(temen sebelah): Bukannya dibagi 12?

Aku & M: …..

JDENG!! Saat itu aku baru inget kalo rusuk punya 12 rusuk!! Bukan 6!!!
‘Mati gue’ itu kata-kata yang pertama kepikiran…

Aku: Aku.. dibagi 6…

M: Aku.. dibagi 8…

Aku & M: HUAAAAAAAAAAAAAAA KITA SALAH DONGGG!!!

Habis itu, bel pulangpun berbunyi…

Ternyata, pas di tangga ketemu sama guru yang ngajar matematika, langsung deh aku dan M nyamperin tu guru..

Aku: Ibu~ Saya tadi ada yang salah, saya mau betulin ya, Bu? *muka cengengesan*

Ibu Guru: *cembetut bercanda*

Aku: Ehe~ Bercanda, Bu.

Lalu, aku sama M turun bareng sama tu guru, dia juga sambil ngomong sama muridnya yang lain.

M: Bu! Saya salah yang tadi kubus~ saya jumlah rusuknya dibagi 6-eh 8!

Aku: Saya dibagi 6!!!! *dengan semantap-mantapnya*

Ibu Guru: *Diem* Bangga, ya? *ketawa*

Aku: Bangga dong, Bu! *ngakak*

Ternyata, selain aku sama M banyak juga yang pada salah perhitungan, tapi bukan cuma yang soal no. 1 aja, hehe..

“Dari kekonyolan ini Aku bakal inget terus kalo rusuk kubus tu ada 12”

15 Responses to “Rusuk Kubus = <strike>12</strike> 6”


  1. 1 Ravelt October 5, 07 at 1:45 PM

    Sekonyol apapun postnya

    Pertama tidak diperbolehkan 😛

  2. 2 Zazi October 5, 07 at 1:53 PM

    WAKAKKAKA
    WAKKAKAKA
    KWAKAKKAKA
    WKAKAKAKKA *ngakak guling-guling&

    wakkaka.. kamu sama temen mu sama aja. 8 and 6 xD mwakkaka *ngabur nggliding*

  3. 3 Ravelt October 5, 07 at 1:58 PM

    *gelindingin zazi pake bambu mpe ke selokan*

    Peace2

    tau nih, lagi error, habisnya cuma 30 menit waktunya 😦

  4. 4 Zazi October 5, 07 at 2:01 PM

    weeeee

    *ngglindingin Ravelt sampe sawah*

  5. 5 Magister of Chaos October 5, 07 at 4:26 PM

    Yang 6 itu kan jumlah permukaannya…

    gapapa kok…hehheehe…

    (mengingat dulu pernah melakukan kesalahan yg sama… tapi rasa rasa gak sehisteris ini deh…biasa aja)

  6. 6 Rizma October 5, 07 at 7:31 PM

    Kenapa Konata ada di mana manaa!?!!?! 👿

  7. 7 Ravelt (ai em mobil e) October 5, 07 at 7:40 PM

    @Magister of Chaos: Ehe~ gak tau juga deh, knp bisa sehisteris ini 😆

    @Rizma: soalnya Konata lagi booming2nya, Hidup LuckyStar!!
    \(>o<)/

  8. 8 Uchiha Miyu October 6, 07 at 4:53 PM

    Yah, namax aja udh berusaha

  9. 9 p4ndu_454kura October 7, 07 at 4:23 PM

    Wakakakak… 😆
    *Ngakak guling-guling*
    Abis saya hitung, seharusnya 21.600 kan?
    [teacher mode=”on”]
    Gapapa… gapapa…
    Namanya aja manusia. Pasti pernah salah, kan? 😉
    Laen kali lebih teliti aja deh.
    [teacher mode=”off”]

  10. 10 Ravelt October 8, 07 at 3:11 PM

    @p4ndu_454kura: Emang seharusnya ituh! Sayang sekali 😆 *gebrak muka ke meja sambil ngikik-ngikik gila*

  11. 11 ,,,ItadaKimasu Onigiri,,, October 8, 07 at 4:25 PM

    Aku yang masih SD aja dah diajarin tuh jumlah rusuk kubus 😯

  12. 12 Ravelt October 8, 07 at 4:44 PM

    @,,,ItadaKimasu Onigiri,,,: Namanya juga pikun,. Neng :mrgreen:

  13. 13 Nathania October 17, 07 at 1:53 PM

    wakakka..

    dulu gw remed gara2 7-6 = 13…

    astaga.. wakakaka.. takh apa.. skrg gw jadi inget klo 7-6=1.. 😆

    sama seperti kau.. wkwkwk.

  14. 14 Ravelt October 17, 07 at 5:21 PM

    @Nathania: Aah, senasib xD
    *menangis bahagia

  15. 15 Richard September 7, 08 at 10:22 AM

    RUSUK KUBUS = 6.. GG bgt lo~!


Leave a Reply

BRIEFING

Our patient is a 16-years-old-teenager nicknamed Ravelt, suffering from blogging fever and internet chat. Apparently, she had been identified as a mid-level otaku and a RPG and strategy games lover. There are 3 objectives in this operation:


1. Read her entries in this blog.
2. Sign in her guestbook.
3. Be friends with her.

Please pay attention to this and try not to screw up.

-----

BANNERS


Yuk.Ngeblog.web.id

VISITORS

  • 16,268 person

LIVE TRAFFIC FEED



COPYRIGHTS

'Turnabout Memories' header by Ravelt. Characters taken from Apollo Justice: Ace Attorney (c) CAPCOM.
Blog engine by Wordpress.com. Blog theme k2 by k2team.

